Agar Rileks Saat Tampil di Depan Publik

Updated at: 21:05.
Under Category: Pengetahuan
KOMPAS.com - Pernah merasa grogi, dan jantung berdegup kencang saat bicara atau tampil di depan publik? Setidaknya Anda pernah berada dalam kondisi harus berbicara di depan dua orang atau lebih. Rasanya nyaris semua profesi bersentuhan dengan publik dalam jumlah besar maupun kecil.

Bagaimana mengatasi rasa takut atau grogi saat muncul di depan orang banyak? Cara presenter Choky Sitohang boleh menjadi pilihan. Pria yang gemar tampil sejak balita dan menemukan public speaking sebagai passion sejak remaja ini dengan bersemangat berbagi pengalamannya. Memelihara ketegangan sebagai bentuk mawas diri
"Saya meninggalkan deg-deg-an tetap ada dalam diri saya saat tampil. Rasa ini membuat kita menjadi berserah serta mawas diri. Serahkan takut kepada Tuhan dan berdoalah, ini menjadi obat saat demam panggung," kata Choky kepada 38 finalis Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2010 saat pembekalan mengenai public speaking beberapa waktu lalu di Jakarta.

Cara ampuh menaklukkan rasa takut adalah dengan menghadapinya, kata Choky. Merasa grogi saat tampil di muka publik adalah hal wajar. Bahkan Choky mengakui, dengan jam terbangnya yang semakin tinggi, pria ini masih menyimpan grogi sebagai pengingatnya untuk tak menyombongkan diri di panggung.

Jujur bikin lebih rileks
Ketika ketegangan masih menguasai diri, lalu Anda berbuat kesalahan mengucap kata, jujur saja.

Jujur di depan khalayak juga menjadi obat demam panggung, kata Choky. Mengakui bahwa Anda salah adalah awal pemulihan diri untuk kemudian membangkitkan kembali kepercayaan diri. Anda juga merasa lebih lega karena tak perlu memendam kesalahan. Katakan saja dengan cara yang apik di depan panggung, atau katakan kepada teman di samping Anda. Memberitahu teman bahwa Anda grogi juga bisa meredakan ketegangan dan membuat diri lebih rileks.

"Sadari bahwa tak ada pribadi yang sempurna," tambah Choky.

Bersikaplah ramah dengan senyum dan berteman
Senyuman menandakan keramahan selain juga menjadi cara mudah meminimalisasi grogi. Berikan senyuman natural, dan bukan dipaksakan. Selain itu, jika Anda tegang tampil di depan publik, akrabkanlah diri dengan khalayak. Jadikan khalayak sebagai teman. Cara ini juga mampu meredakan ketegangan.

Inilah saran yang disampaikan Choky kepada finalis Puteri Indonesia 2010. Choky menilai, dari pengalamannya terlibat di PPI sejak tiga tahun silam, banyak finalis yang cukup percaya diri namun sulit mengekspresikan kata-kata. Grogi salah satu penyebabnya. Padahal sosok puteri perlu memiliki keterampilan public speaking, termasuk mengatasi grogi, agar mampu meyakinkan publik dengan pesan yang dibawanya.

Di sinilah peran keterampilan public speaking, yang tak hanya penting dimiliki calon puteri. Anda juga bisa berada dalam kondisi, di mana harus berbicara di depan publik dan meyakinkan mereka.

Agar Rileks Saat Tampil di Depan Publik
"Agar Rileks Saat Tampil di Depan Publik" Di Posting oleh blog , Wednesday, October 6, 2010, pukul 21:05 dalam topik Pengetahuan dan permalink http://uchilucuw.blogspot.com/2010/10/agar-rileks-saat-tampil-di-depan-publik.html. Nomer ID: 5.888,888.

Comments :

 
© 2012 Uchi Lucu
Is Hosted by Blogger